SELAMAT DATANG DI BLOGSITE RESMI BAG. REFORMASI BIROKRASI POLRI POLDA KALBAR ............ SEKRETARIAT RBP POLDA KALBAR d/a JL. A.YANI NO. 1 LT. 2 PONTIANAK KALIMANTAN BARAT TELP 0561-748303

26 November 2011

PROGRAM SEJUTA KAWAN POLDA KALBAR


Polda Kalimantan Barat sebagai aparat penegak hukum, pemelihara keamanan serta pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat memiliki peranan yang sangat strategis dalam menjaga dinamika keamanan di wilayah Kalimantan Barat. Namun Demikian untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal diperlukan partisipasi aktif masyarakat. Oleh karena itu pencapaian pada Tahap I Strategi Polri yaitu "MEMBANGUN KEPERCAYAAN" (Trust Building) yang telah diraih merupakan modal yang harus dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk memasuki Tahap II yaitu "MEMBANGUN KEMITRAAN" (Partnership Building) yang pada prinsipnya adalah membangun kemitraan antara Polri berbagai komunitas yang ada di masyarakat dalam memecahkan berbagai permasalahan (Problem Solving) yang terjadi.

Polda Kalimantan Barat dalam rangka membangun kemitraan dengan masyarakat sebagai Implementasinya mencanangkan program sejuta kawan dengan mengangkat kearifan lokal sebagai upaya membangun masyarakat yang patuh hukum dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam memelihara kamtibmas. Dalam hal ini petugas Perpolisian masyarakat merupakan salah satu upaya menempatkan kemitraan dan jaringan (Pathnership building and networking) sebagai program unggulan di dalam grand strategi Polri.

Kebijakan Kapolda Kalbar dalam Program Sejuta Kawan menekankan kepada seluruh pejabat yang ada di Polda Kalbar dan diberikan instruksi langsung terhadap dua program yaitu : 

1. “Program Sejuta Kawan” 

Program sejuta kawan ini dimaksudkan agar hubungan antara polisi dengan masyarakat dapat lebih dekat dan akrab karena polisi tidak saja sebagai penegak hukum, tetapi pengayom dan mitra masyarakat dalam mewujudkan situasi yang kondusif dapat terwujud.
 
2. “Program Satu Polisi Satu Desa”.

Program “Satu Polisi Satu Desa”, merupakan bagian dari upaya Polri untuk lebih meningkatkan rasa aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat, dengan harapan kepada setiap anggota nantinya ditugaskan di masing-masing desa untuk mampu bersinergi dengan warga masyarakat, terutama dalam menjaga keamanan dan ketertib an masyarakat (Kamtibmas). 




 

Komentar :

ada 0 komentar ke “PROGRAM SEJUTA KAWAN POLDA KALBAR”

GALERI POLDA KALBAR

 

ยช 11112011 Dimaslova's Template. Powered by Blogger.

Dimaslova's by Radenmas Dody Dwipa 081218894666.