Polri sebagai institusi yang menjalankan fungsi pemerintahan dengan tugas pokok memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, terus berusaha untuk meningkatkan kinerja sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.
Peningkatan pelayanan publik menjadi salah satu agenda utama dalam kebijakan Reformasi Birokrasi yang digulirkan Pemerintah dalam Program Pembangunan Nasional. Hal ini juga telah dijabarkan dalam Grand Strategy POLRI yang dibagi dalam tahap pembangunan kemitraan (Partnership Building) dimana dengan semangat membangun kemitraan tersebut, Polri khususnya Polda Kalbar senantiasa berupaya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat diwilayah hukum Kalimantan Barat.
Dalam rangka mendorong terwujudnya “Revitalisasi Polri Menuju Pelayanan Prima Guna Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat” yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, Kapolri telah menetapkan 10 (Sepuluh) program prioritas salah satunya adalah Membangun dan mengembangkan sistem informasi terpadu serta persiapan pengamanan Pemilu 2014. Operasionalisasi Regional Traffic Management Centre (RTMC) yang merupakan salah satu Implementasi Program Kapolri tersebut yang mana keberadaannya digunakan untuk kegiatan Pengumpulan, pengolahan dan penyajian data lalu lintas, sebagai pusat kendali, koordinasi, komunikasi, dan informasi, pengembangan sistem dan teknologi informasi dan komunikasi lalu lintas, serta pelayanan informasi lalu lintas yang menyangkut pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.
Adapun maksud dan tujuannya adalah sebagai Implementasi Program kegiatan dan rencana aksi Road Map Birokrasi Polri yaitu Pelayanan Publik di Bidang Lantas untuk mencapai sasaran Revitalisasi Polri guna mewujudkan upaya sistem informasi terpadu dengan tujuan terwujudnya percepatan pelayanan kepada masyarakat dalam penyampaian informasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah Kalimantan Barat.
RTMC (Regional Traffic Management Center) Dit Lantas Polda Kalbar mempunyai 6 (enam) Bidang Operasional meliputi :
1. OPERASIONALISASI CAKRA
Operasional Cakra antara lain bertugas untuk :
- Menerima laporan dari Polres/ta Jajaran Polda Kalbar baik via e-mail / faksimile
- Menerima jukrah / perintah dari Satuan Atas baik via e-mail / faksimile
- Meneruskan jukrah / perintah ke Jajaran baik via e-mail / faksimile
- Mengirimkan rekapitulasi laporan ke Satuan Atas baik via e-mail / faksimile
- Monitoring kegiatan anggota dilapangan dengan menggunakan HT
- Menindak lanjuti pengaduan masyarakat dengan menghubungi pos / petugas Lantas terdekat dengan menggunakan HT
- Melakukan koordinasi dengan operator lain dilingkungan RTMC
- Membuat buku kegiatan harian
- Mengarsipkan laporan operasi rutin/khusus baik kewilayahan maupun terpusat serta laporan program-program di lingkungan Polri
2. OPERASIONALISASI CALL CENTER
Operasionalisasi CALL CENTER antara lain bertugas untuk :
- Menerima pengaduan, laporan, himbauan dan masukan dari masyarakat melalui telpon
- Meneruskan pengaduan, laporan, himbauan dan masukan dari masyarakat kepada Subdit/Sat/Subbag yang membidangi permasalahan tersebut
- Meneruskan pengaduan, laporan, himbauan dan masukan dari masyarakat yang tidak berkaitan dengan Tupoksi Lalu Lintas kepada fungsi maupun instansi terkait
- Melakukan koordinasi dengan Operator lain di lingkungan RTMC
- Membuat buku kegiatan harian
- Membuat rekapitulasi mingguan / bulanan tentang pengaduan / masukan dari masyarakat beserta tindak lanjutnya.
3. OPERASIONALISASI CCTV
Operasionalisasi CCTV antara lain bertugas untuk :
- Monitoring arus lalu lintas jajaran Polda Kalbar dengan perangkat CCTV
- Melakukan koordinasi dengan Operator lain di lingkungan RTMC
- Membuat buku kegiatan harian
- Melakukan Rekapitulasi mingguan/bulanan hasil pelanggaran yang dilihat pada perangkat
4. OPERASIONALISASI INTERNET / WEBSITE
Operasionalisasi Internet / Website antara lain bertugas untuk :
- Melakukan entry dan update data di website RTMC Dit Lantas Polda Kalbar
- Melakukan entry dan update data di jejaring sosial Facebook RTMC Dit Lantas Polda Kalbar
- Melakukan entry dan up date data di jejerang sosial Twitter RTMC Dit Lantas Polda Kalbar
- Melakukan koordinasi dengan Operator lain dilingkungan RTMC
- Membuat buku kegiatan harian
- Membuat rekapitulasi mingguan / bulanan hasil update di jejaring sosial ( berapa follower dan teman )
5. OPERASIONALISASI GIS / LAKA
Operasionalisasi GIS / Laka antara lain bertugas untuk :
- Monitoring giat patroli anggota lalu lintas jajaran Polda Kalbar dengan perangkat GPS
- Monitoring jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jajaran Polda Kalbar
- Melakukan rekapitulasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di jajaran Polda Kalbar baik mingguan maupun bulanan dalam bentuk hard copy
- Melakukan koordinasi dengan Operator lain di lingkungan RTMC
- Membuat buku kegiatan harian
6. OPERASIONALISASI SMS
Operasionalisasi SMS antara lain bertugas untuk :
- Menerima perintah / jukrah dari pimpinan dan meneruskan ke personel Dit Lantas melalui SMS Gateway
- Menerima pengaduan, laporan, informasi dan masukan dari masyarakat melalui SMS info Kalbar 2121
- Memberi jawaban sementara atas pengaduan, laporan, informasi dan masukan dari masyarakat melalui SMS info kalbar 2121
- Meneruskan pengaduan, laporan, informasi dan masukan yang diterima melalui SMS Info Kalbar 2121 kepada Kasubdit/Kasat/ Kasubbag yang membidangi
- Melakukan koordinasi dengan Operator lain di lingkungan RTMC
- Membuat buku kegiatan harian
- Melakukan rekapitulasi mingguan / bulana SMS yang masuk sesuai dengan masing-masing bidang serta tindak lanjutnya
Komentar :
Posting Komentar